Langsung ke konten utama

Perbedaan Klausa dan Kalimat (Clause & Sentence) dalam Bahasa Inggris


 
English is easy, pixabay.com
“Mengenal klausa dan kalimat dalam Bahasa Inggris itu perlu”. Hello everyone… Apa kamu seorang pelajar Bahasa Inggris pemula? Jika benar, penting banget bagi kamu mengetahui pembahasan mengenai Clause & Sentence. Dengan begitu, kamu tidak akan salah dalam membuat kalimat Bahasa Inggris. 

Selain itu, dengan mempelajari materi ini, kamu akan mudah membedakan mana klausa dan mana kalimat jika sedang membaca suatu teks bahasa Inggris. Dari situlah, kamu bisa menganalisis elemen-elemen dalam kalimat di teks itu seperti subject, verb (kata kerja), object (objek), hingga adverb (kata keterangan).

Pasti kamu ingin punya kualitas yang baik dalam berbahasa Inggris, bukan? Untuk itu, pelajari dan pahami dulu materi dasar belajar Bahasa Inggris di bawah ini ya! Jika bingung bisa langsung ditanyakan melalui kolom komentar.


Gambaran Mengenai Klausa dan Kalimat (Clause & Sentence)

Nggak semua dari kita bisa membuat kalimat yang sesuai dengan aturan dalam Bahasa Inggris. Kadang kita nggak sadar sudah buat kalimat tapi ternyata nanggung atau Bahasa Jawanya magak. 

Contohnya nih…Perhatikan kata-kata ini, 
  • ”Dengan menggunakan baju yang bersih./ By wearing the clean clothes.”   
  • Karena mereka membawa semua buku ke perpustakaan./ Because they bring all books to the library.” 
  • "Untuk membuat semua orang percaya bahwa kamu bahagia./To make all people believe that you are happy."
Terkadang, kita seringkali secara tidak sadar menutup kata-kata tertentu dengan tanda titik (.), yang mana hal ini mengartikan bahwa kata-kata tersebut adalah “KALIMAT” (dalam aturan grammar, kata-kata yang diakhiri dengan tanda titik disebut sebagai kalimat)

Padahal, untuk dikatakan sebagai kalimat, kata-kata pada contoh di atas belum cukup memenuhi syarat karena masih nanggung sehingga perlu menambahkan klausa independen, kemudian baru mengakhirinya dengan tanda titik. Kok bisa gitu?

Jadi begini… Suatu kumpulan kata bisa dikatakan sebagai kalimat itu jika dia tidak nanggung atau ambigu, sehingga maknanya bisa sampai kepada pembaca dengan tepat. Coba bandingkan contoh kata-kata ini dengan contoh sebelumnya, 

  • By wearing the clean clothes, my father goes to the mosque. “Dengan mengenakan pakaian yang bersih, ayahku pergi ke masjid.”
  •  Mrs. Sera looks so angry because they bring all books to the library.Mrs Sera terlihat sangat marah karena mereka membawa semua buku ke perpustakaan."
  • To make all people believe that you are happy, you don't even show your tears."Untuk membuat semua orang percaya bahwa kamu bahagia, kamu bahkan tidak menunjukkan air matamu."
Nah ini baru bisa disebut sebagai kalimat yang benar dan sesuai aturan karena maknanya tidak nanggung. 

Untuk bisa membuat kalimat yang baik dan benar, kamu perlu memahami tentang klausa dan kalimat. Apa perbedaan dari keduanya? Dan apakah mereka saling berhubungan satu sama lain? Simak ulasan selanjutnya ya!

Apa Perbedaan Clause dan Sentence Itu?

Clause is not always sentence, but sentence is one of clauses
Clause (Klausa) adalah kumpulan kata yang minimal berjumlah 2 kata, yang mana memiliki struktur minimal S+V (subject + verb/kata kerja), namun ada yang bisa berdiri sendiri sebagai kalimat (independent) dan ada juga yang tidak bisa berdiri sendiri (dependent).
Contoh:
Independent clause: I sleep (Aku tidur)  
Dependent clause: If I sleep….(Jika aku tidur….., kalimat ini masih belum lengkap, untuk melengkapinya ia membutuhkan independent clause, e.g: If I sleep, I will be late to attend the class, Jika aku tidur, aku akan terlambat menghadiri kelas)

Sentence (kalimat) adalah kumpulan kata yang minimal berjumlah 2 kata, yangmana memiliki struktur minimal S + V dan memiliki makna serta diakhiri dengan tanda titik (.). Semua kalimat sudah pasti bisa berdiri sendiri atau independen. Jika dikaitkan dengan klausa, sentence termasuk dalam Independent Clause (klausa yang bisa berdiri sendiri dan memiliki makna yang lengkap).
Klausa adalah bagian dari kalimat, pixabay.com
Kesimpulan: Sentence bisa disebut sebagai Clause, tetapi tidak semua Clause itu sentence.
  • Contoh klausa yang disebut kalimat (independent clause): I sleep
  • Contoh klausa yang tidak disebut kalimat (dependent clause): If I sleep….
Berikut akan tersedia tabel mengenai perbedaan singkat antara Clause dan Sentence. Dari sini, kamu bisa memiliki gambaran dasar mengenai perbedaan antara keduanya.

No
Clause / Klausa
Sentence/ Kalimat
1
Terdiri dari minimal Subject + Verb
Terdiri dari minimal Subject + Verb dan mengandung makna yang lengkap
2
Tidak semua klausa termasuk kalimat, contohnya klausa dependen.
Kalimat bisa dikatakan sebagai klausa independen.
3
Terdiri dari independent clause atau dependent clause
Harus ada independent clause dulu, baru bisa digabung dengan dependent clause
4
Merupakan bagian dalam kalimat baik independen maupun dependen.
Contoh:
  • When I came here, you were sleeping.
  • This cake is very nice. 
Kalimat bisa terdiri dari 1 klausa independen (simple sentence), 2 klausa independen (compound sentence), 1 klausa independen + dependen (complex sentence), dan 2 klausa independen + dependen (compound complex).
Contoh:
  • I learn Arabic (Simple)
  • I learn Arabic and you learn Korean (Compound)
  • I learn English because I cannot speak it. (Complex)
  • I learn English that you are afraid of, so I can teach you later. (Compound Complex)

Yuk Latihan!
Coba latihlah dirimu dengan mengkategorikan klausa di bawah ini: ID-C/ Sentence (Independent Clause) & D-C (Dependent Clause).
Contoh penyelesaian: We are eating Chinese food now. (ID-C)
  1. Rossie likes the bread you make.             (…….)
  2. Before you leave this house.                     (…….)
  3. I make a cup of coffee for you.                  (…….)
  4. Because she has been here.                     (…….)
  5. The girl is crying now                                 (…….)
Itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan klausa dan kalimat dalam Bahasa Inggris. Materi selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah mengenai klasifikasi dari kalimat mulai dari klasifikasi menurut kata kerjanya, fungsinya, hingga strukturnya. Mungkin istilah mengenai simple sentence hingga compound complex yang sepintas kamu baca di atas akan terjawab di artikel selanjutnya. Penasaran? Klik aja link di bawah ini!

Lihat: Klasifikasi Kalimat dalam Bahasa Inggris Menurut Kata Kerja, Fungsi, dan Struktur

 DOWNLOAD MATERI VERSI PDF DI SINI

Komentar

  1. Wah materinya bisa buat persiapan ke kampung Inggris nih, bermanfaat banget.. ditunggu materi selanjutnya...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Morfologi BAB Compound: Cek Definisi dan Pembagiannya

Compound dalam morfologi Bahasa Inggris - Bagi kamu yang saat ini belajar bahasa Inggris di perkuliahan, kamu pasti sempat bingung dengan istilah compound, apalagi kalau sudah bahas phrase. Tenang, hilangkan kebingungan itu dengan membaca materi sekilas tentang compound berikut! What Is compound?? Apa Sih itu Compound? Compound is a word that is made by two words or more which has new meaning. (Compound adalah Sebuah kata yang terbuat dari dua kata atau lebih yang mana memiliki arti baru) E.g : Blackboard: Papan tulis (Dia dua kata tetapi dianggap satu kata karena sudah compound, maka artinya tidak papan yang berwarna hitam lagi, tetapi artinya adalah papan tulis) Other Examples: Whitehouse : Istana Negara (the residence of the US president) Bluebird : Taxi Green house: Glass house (Rumah yang terbuat dari kaca)  *Forms of Compounds (Bentuk-bentuk Compound)  Jika dilihat dari bentuk-bentuknya, compound terbagi menjadi 3 yaitu: 1. Closed Compoun

(PDF) 20 Contoh Klausa dan Kalimat dalam Bahasa Inggris (Clause and Sentence)

Setelah memahami materi mengenai klausa dan kalimat (clause and sentence), maka tidak lengkap bagi kamu jika tidak mengetahui contohnya. Jika kamu sudah memahami contohnya, maka kamu perlu melatih dirimu dengan belajar membuat contoh sendiri.  Seperti yang diketahui, makna klausa dan kalimat itu tidak sama, sehingga contohnya pun akan berbeda. Namun karena independent clause bisa berdiri sendiri, maka contoh dari klausa ini bisa dikategorikan ke dalam contoh kalimat. Tentu, di materi sebelumnya kamu sudah tahu bukan mengenai pembagian klausa? Coba Lihat: Perbedaan Klausa dan Kalimat (Clause & Sentence) dalam Bahasa Inggris  Singkatnya, klausa dibagi menjadi dua yaitu klausa independen ( independent clause ) dan klausa dependen ( dependent clause ). Karena mereka berbeda, tentu contohnya pun akan berbeda. Penasaran? Berikut akan diberikan contoh mengenai independent clause , dependent clause dan kalimat. Namun sebelumnya pahami konsep susunannya terlebih dahulu.